Ads Space 728x90

Cloning System
Friday, January 10, 2014

Sekarang siapa yang tidak kenal dengan yang namanya Youtube ? Situs tempat nongkrongnya orang-orang penikmat video dan masih banyak lagi . Ya , situs dengan full konten video ini kini menjadi salah satu raksasa internet Dunia , ia berada di urutan ketiga sebagai situs yang paling banyak diakses di dunia .

Mungkin anda juga punya akun Youtube ya ? haha , sekarang hampir semua pengguna internet punya akun youtube . Tapi sebagai salah satu pengguna Youtube , apakah anda tahu sejarah pendirian situs ketiga terpopuler ini ?

Kalau belum , maka dibawah ini penjelasannya , silahkan disimak dan dinikmati , siapa tau bisa menjadi inspirasi untuk anda .

Sejarah Youtube

Awal Berdiri
Sebelum mendirikan situs video Youtube, ketiga orang ini awalnya bekerja di paypai. Di perusahaan inilah mereka bertemu dan bersahabat. Namun siapa sangkat, persahabatan ini ternyata membawa perubahan besar bagi kehidupan mereka. Persahabatan yang mengubah hidup mereka sampai sekarang.


Sejarah Yotube dimulai dari peristiwa saat Jawed Karim tidak percaya bahwa di apartemen Steve Chen sedang ada acara makan malam. Jawed meminta bukti bahwa acara tersebut berlangsung. Saat itu Chen dan Chad Hurley mencoba untuk mengirimkan video acara tersebut. Sayangnya mereka menemukan kesulitan dalam mengunggah data. Kesulitan pertama adalah mereka harus mengubah format video tersebut. Kesulitan kedua mereka harus jadi anggota pada situs tempat mereka akan mengunggah video. Kesulitan inilah yang kemudian melandasi mereka untuk menciptakan sebuah situs video yang tidak ribet dalam tata cara pengunggahannya. Akhirnya mereka pun mendirikan Youtube tepat pada tanggal 14 Februari 2005.


Just Broadcast Yourself!
Sejarah Youtube berlanjut saat dirilisnya video pertama. Video pertama YouTube sendiri berjudul "Me on The Zoo" yang diunggah Karim pada tanggal 23 April 2005. Video tersebut menampilkan Jawed Karim yang sedang berada di kebun binatang San Diego. Setelah itu, pada bulan Mei 2005, situs ini merilis versi betanya. Situs ini kemudian diumumkan secara resmi pada November 2005. Tidak membutuhkan waktu lama bagi situs ini untuk terkenal. Setidaknya, sembilan bulan kemudian atau Juni 2006, situs ini memiliki lebih dari 65 ribu video. Jumlah yang cukup besar ini tentunya karena Youtube berprinsip pada “Just Broadcast Yourself!”. Prinsip menerapkan sistem pengunggahan yang mudah, tampilan antarmuka yang tidak ribet, serta kemudahan orang untuk berbagi video.




Kendala Keuangan
Sejarah Youtube tidak selancar yang banyak dijelaskan. Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, situs video ini pernah menghadapi banyak kendala. Terutama masalah dana. Chen, Hulley, dan Karim sebenarnya memiliki peluang karena banyak iklan yang menawarkan diri ke Youtube. Namun mereka bertiga menolak. Mereka pikir pengguna Youtube akan cukup terganggu dengan banyaknya iklan ini apalagi iklan yang hadir tidak bisa tertutup begitu saja. Untungnya masalah keuangan ini bisa teratasi oleh Sequoia Capital digandeng. Perusahaan keuangan tersebut memberikan dana sebesar US$ 11,5 juta selama November 2005 sampai April 2006. Berkat bantuan ini, situs ini pun kembali lancar dalam masalah operasionalnya.


Diakusisi Google
Salah satu sejarah Youtube yang tidak akan dilupakan oleh pengguna internet adalah diakusisinya situs ini oleh Google pada November 2006. Awalnya situs video ini dilirik oleh perusahaan internet lainnya semacam Microsoft, Yahoo!, dan News Corp. Namun pada akhirnya ketiga sahabat ini lebih memilih Google sebagai perusahaan yang dirasa cocok untuk mengakusisi Youtube. Apalagi Google menjanjikan untuk tidak mengganggu 60 karyawan yang mengoperasikan Youtube. Nilai yang dikeluarkan untuk akusisi Youtube tidaklah sedikit. Google setidaknya menggelontorkan dana hingga US$ 1,65 milyar untuk mengakusisi Youtube ini.


Semakin Terkenal
Setelah diakusisi oleh Google, Youtube pun menjelma menjadi salah satu raksasa internet. Ada milyaran video tiap harinya yang disaksikan oleh orang. Berkah ini pun tidak berhenti, karena hampir tiap menit, ada banyak orang mengunggah video ke situs ini. Situs video Youtube ini sendiri kini menempati posisi tiga sebagai situs yang paling banyak diakses oleh pengguna internet setelah Google dan Facebook. Bahkan kini Youtube mempunyai acara penghargaan video sendiri.

Dan itulah Sejarah lengkap tentang Youtube dan perjalanannya hingga saat ini dengan kesuksesan yang luar biasa . Dan jika anda ingin melihat Video paling pertama di Youtube , silahkan di nikmati Video dengan judul "Me at The Zoo" dibawah ini .


sumber dari berita ini bisa anda temui di forum kompas terdekat .