Ads Space 728x90

Cloning System
Wednesday, May 14, 2014

Godzilla datang kembali, film yang paling ditunggu ini akan di sutradarai oleh Gareth Edwards. Karakter Godzilla sendiri terakhir kali muncul 10 tahun lalu dalam film versi Jepang. Sedangkan film versi hollywoodnya mucul 16 tahun lalu dan di sutradarai oleh Roland Emmerich (Independence Day, The Day After Tomorrow, 2012) namun sayang versi holywood Godzilla ini mendapatkan kritikan tajam dan bahkan juga cacian.

Godzilla sendiri memiliki sejarah yang panjang, banyak film yang telah dibuat dengan karakter ini sehingga membuat karakter Godzilla menjadi salah satu karakter yang merefleksikan budaya Jepang. Inilah menjadi tugas berat Gareth Edwards tidak hanya untuk membangkitkan kembali karakter Godzilla, tapi juga untuk menunjukan pada dunia kemampuan perfilman Hollywood dalam mengolah francise film ini.

1. Apa itu Godzilla

Godzilla adalah karakter fiksi, sejenis dengan dinosaurus, monster yang memiliki nafas yang dapat menghancurkan setara kekuatan atom. Godzilla nampak seperti sejenis T-Rex dengan punggung plat berlapis baja. Berdasarkan film Godzilla 1991 berjudul Godzilla vs. King Ghidorah, Godzilla sebenarnya mutasi dari jenis dinosaurus bernama Godzillasaurus.

Godzilla telah muncul sebanyak 31 kali semenjak tahun 1954, 3 muncul di Amerika dan selebihnya muncul di Jepang. Dengan film terbaru ini maka Godzilla sudah muncul sebanyak 32 kali.

2. Apa arti Godzilla

Nama Godzilla sebenarnya terjemahan dari kata gojira dalam bahasa Jepang. Gojira sebenarnya kombinasi 2 kata yakni gorira, yang berarti gorilla dan kujira yang berarti ikan paus. Jadi ketika orang-orang di dalam film teriak Godzila sebenarnya mereka sedang berteriak Gorila-paus.

Nama Gojira sendiri muncul secara tidak jelas. Namun menurut buku Japan’s Favorite Mon-star: The Unauthorized biography of “the big G”, salah satu sumber yang dapat dipercaya adalah berasal dari Toho Studios, perusahaan yang membuat film pertama Godzilla. Sutradara Ishiro Honda, menjelaskan kalau pada saat itu di Toho Studio ada seseorang teman yang bekerja di departemen publikasi, orang ini sangat besar. Orang sekitar sering berkata bahwa ia sebesar gorila sedangkan yang lain berkata dia sebesar kujira (paus). Seiring watu nama itu menyatu sehingga orang memanggil dia ‘Gojira’.

3. Ukuran Godzilla

Ukuran Godzilla berbeda-beda bergantung film mana yang kamu tonton. Perbedaan ini disebabkan Godzilla dibuat terpisah di Amerika dan Jepang. Namun Godzilla tahun 2014 adalah yang terbesar.

Alasan utama yang membuat ukuran Godzilla menjadi besar karena munculnya gedung atau menara tinggi. Menara Toranomon Hills di Tokyo misalnya memiliki tinggi mencapai 243 meter, menara ini akan membuat Godzilla versi tahun 1954 menjadi kecil. Dengan tujuan agar Godzilla terlihat besar maka pembuat film membuat Godzilla lebih besar dari gedung-gedung yang ada.

4. Goszilla Jepang vs Amerika

Godzilla versi aslinya diperankan oleh seseorang bernama Haruo Nakajima yang menggunakan kostum. Dikarenakan diperankan oleh manusia karakter Godzilla kurang garang, bahkan cenderung ‘cute’, dan digambarkan memiliki gerakan layaknya manusia.

Sedangkan ditangan Amerika Godzilla lebih dibuat menggunakan teknik CGI sehingga Godzilla memiliki tampang yang lebih Garang.
Perbedaan lain adalah gender. Di versi Jepang, Godzilla biasanya digambarkan memiliki kelamin jantan, sedangkan di film tahun 1998 yang dibuat Amerika, Godzilla dapat bereproduksi dengan asexual dan dapat bertelur.

Perbedaan yang paling penting adalah tema dari film Godzilla. Di versi Jepang, Godzilla adalah metafora dari senjata nuklir. Asal usul Godzilla digambarkan muncul karena hasil dari ujicoba bom-H, Godzilla hidup damai di lautan sampai ia teradiasi dari hasil ujicoba tersebut. Godzilla versi Jepang, layaknya nuklir, adalah senjata yang tidak dapat dikendalikan yang hanya digunakan pada saat kondisi mewakili adanya kurang dari 2 kerjahatan (contohnya Godzilla berkelahi dengan monster lain).

Tema ini tidak masuk di versi Amerika, pada film pertama Godzilla versi Amerika, tema nuklir di buat menjadi singkat, 40 menit cerita asli versi Jepang dihilangkan, dan banyak referensi eksplisit dari karater negara Jepang yang di bom juga dibuang. Perbedan tema inilah yang menyebabkan adanya perbedaan trailer dari Godzilla 2014 di beberapa negara asia. Versi global atau Amerika memicu anggapan bahwa film Godzilla akan menampilkan penghancuran besar-besaran. Sedangkan versi Asia menjanjikan adanya pertikaian / perkelahian yang luar biasa.

Dibawah ini adalah koleksi Film Godzilla . Yang jai pertanyaan adalah , film Godzilla yang mana yang seharusnya anda tonton sebelum menonton Godzilla 2014 ?

sumber : lintas.me