Ads Space 728x90

Cloning System
Wednesday, May 07, 2014

Beberapa waktu terakhir kecaman datang untuk lagu Korea dengan judul MTBD yang dinyanyikan oleh salah satu personil 2NE1 ( CL ) . Sepintas lagu yang berdurasi 3 menitan itu tampak normal dan standar 2NE1 , tapi kalau dicermati ternyata di dalamnya terdapat sedikit sentuhan suara unik yang ternyata belakangan diketahui bahwa itu adalah sebuah lantunan ayat suci Al Quran yang dilantunkan oleh Mohammed Taha Al Junayd .

Lebih tepatnya nada yang dilantunkan oleh Taha Al Junayd . Dari berita yang beredar , lagu MTBD ( Mental Breaking Down ) menyisipkan ayat al Quran di dalam lagunya menjadi lirik dari lagu tersebut . Namun dari penelusuran kami menyimpulkan bahwa lagu tersebut menggunakan lantunan Taha Al Junayd menjadi backsound dari lagu Rap tersebut .

Yang jadi pertanyaan adalah dimana letak pelecehannya ?

Menyusul rilisnya lagu baru tersebut para muslim di Korea memprotes produsen lagu tersebut dan meminta untuk menghaupus backsound itu dari lagu MTBD , dan jika itu tidak dilakukan maka mereka akan menarik lagu tersebut dari pasaran .

Kembali lagi ke pertanyaan diatas ... Dimana letak pelecehannya ?
Mungkin ini lebih mengarah ke kasus Plagiarism dan pelanggaran hak cipta karena menggunakan karya cipta orang lain ang mungkin tanpa izin . Dan jika memang kedapatan tanpa izin penggunaan dari pihak empunya lantunan nada al quran dalam hal ini Junayd maka sudah jelas ini merupakan sebuah pelanggaran plagiarism .

Sekedar informasi tambahan , lantunan ( Backsound ) tersebut bisa disimak pada menit ke 1:00 dan menit ke 1:55 dengan durasi yang cukup singkat dan memang itu adalah potongan lantunan ayat yang terdengar begitu samar .

Dan dibawah ini adalah video yang akan sedikit menjelaskan pada anda semua tentang dimana letak backsound itu mulai dan perbandingan dengan lantunan aslinya .


Terlepas dari semua tuntutan yang dilayangkan oleh pihak yang merasa dilecehkan , disini ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil .

1. Misalnya mungkin pencipta lagu tersebut menyukai nada lantunan ayat tersebut dan terinspirasi dari lantunan ayat itu dan dengan sengaja memasukkannya tanpa tau maksudnya .

2. Pihak produsen sengaja menyisipkan hal tersebut pada lagu itu karena berkaitan makna . Dan tentunya tanpa melihat dampak dari yang dilakukannya .

3. Sebagai cara berpromosi lagu mereka yang mungkin dengan adanya kasus ini lagu tersebut menjadi melambung dan laris dipasaran .

Entahlah .